Nebula Yang Hampir Musnah

ImageNebula bentuk planet dengan planet tidak ada hubungan apa pun. Nebula dapat dilihat menggunakan teleskop amatiran yang tidak besar, sudah dapat dilihat bentuk di ring bulat yang tidak jelas batasannya, jika dilihat secara seksama sangat mirip dengan sebuah planet, dan teleskop seperti Hubble yang persentasenya berlipat-lipat dapat berhasil dilihat dengan jelas nebula berbentuk planet.

Sebuah foto yang diperlihatkan di sini adalah nebula berbentuk planet yang tipikal nomor seri NGC 3132 (nama informal adalah Nebula Selatan yang berbetuk spiral), foto tersebut dipotret teleskop angkasa Hubble. Posisi NGC 3132 terletak di angkasa belahan bumi selatan, jarak dengan bumi sekitar 2.000 tahun cahaya, menurut ukuran standar alam semesta jaraknya dapat dikatakan sangat dekat dengan bumi. Sama seperti semua nebula berbentuk planet, NGC 3132 adalah sebuah gumpalan gas yang sedang mengembang di sekeliling gumpalan bintang tetap yang hampir musnah, dan luas penampang lintang sekitar 0,5 tahun cahaya.

Pada pusat NGC 3132 tampak terlihat 2 buah bintang tetap, dan satu di antara bintang tetap tersebut sangat terang, sedangkan bintang tetap yang satunya sangat gelap, namun justru bintang gelap ini pada kenyataannya yang menentukan keindahan seluruh gambar. Oleh karena meledaknya bintang tetap ini, lapisan luarnya berserakan ke sekeliling ruang, dan bagian dalam bintang tetap yang tersisa besarnya lebih kecil sedikit dibandingkan matahari kita, namun suhunya malah jauh lebih tinggi dibandingkan matahari, sinar ultraviolet yang dipancarkannya memancar dengan cemerlang dan menerangi seluruh nebula.

Sebuah bintang muda yang terang adalah tetangga dekat bintang tetap yang hampir musnah ini, bintang tetap ini sama-sama berputar mengitari pusat yang sama. Pada gambar sebelah kanan atas masih terdapat sebuah bintang yang sangat terang benderang, namun ia tidak ada hubungan apa pun dengan NGC 3132. (erbaru.net)*

Ditulis dalam 84075. Tag: , . 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Nebula Yang Hampir Musnah”

  1. aderizkiramadhan Says:

    […] Nebula Yang Hampir Musnah […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: