Menjelajahi Misteri alam semesta

LHC yang besar di Eropa lakukan percobaan

Image

Dari mana datangnya massa (berat)? Dalam ilmu fisika, mengapa ada partikel sangat berat, ada yang sama sekali tidak mempunyai massa? Selain dari 4% unsur yang diketahui manusia, 96% “materi hitam”, “energi hitam” itu sebenarnya apa?

Para fisikawan telah membentuk “standar model” partikel fisika berdasarkan jumlah teori teori dan percobaan yang terakumulasi sejak dulu, namun masih belum bisa menjelaskan semua fenomena dalam alam semesta.

Untuk menjawab pertanyaan ini, CERN yang terletak di Jenewa Swiss telah menciptakan LHC generasi berikut, mereka sedang melakukan rencana kerja sama internasional yang paling besar; mencari Higgs Particle serta Supersymmetric particle, agar bisa memahami kontruksi materi, mencari fenomena fisika baru, inilah tujuan utama rencana percobaan tersebut.

CERN telah merencanakan akan melakukan percobaan pada 10 September yang lalu

LHC (Large Hadron Collider) adalah akselerasi partikel yang paling besar yang paling tinggi di dunia, tujuannya adalah untuk menumbukan dua beam proton (salah satu dari beberapa type hadron) yang berlawanan dengan energy kinetik yang sangat tinggi. Setiap beam tersebut mengandung miliar gram materi. Materi tersebut bergerak sedemikian cepatnya hingga setiap satu miliar dari satu gram mempunyai momentum dari suatu kereta terbang sebesar 190 km/jam, itu ditekan ke dalam jalur sirkulasi yang panjangnya 27 Km yang masing2 lebih halus dari rambut.

LHC akan mengeksploitasi keabsyahan dan keterbatasan dari model standard, gambar teori fisik partikel sekarang. Secara teori bahwa tumbukan akan membuktikan keberadaan Higgs boson. Ini akan memberi jawaban tentang hubungan yang tiada dalam Model Standard dan menjelaskan bagaimana partikel elemen memproleh properti seperti massa. Juga diharapkan dalam percobaan tersebut akan menentukan supersimetri dan menentukan keberadaan family dari hipotesa supersimetri partner dari partikel yang diketahui, atau mengetahui dimensi tinggi (di atas 3 ruang dan satu waktu) yang dikemukakan oleh teori String.

LHC dibangun oleh European Organization for Nuclear Research (CERN), dan terletak di bawah perbatasan Perancis dan Swiss antara Jura Mountains dan Alps dekat Geneva, Swiss. Ia dibangun dan dimulai oleh lebih dari 10.000 ilmuwan dan Insiniur dari 100 negara lebih, dari ratusan universitas dan leboratorium. LHC mulai mensirkulasikan partikelnya pada 10 September 2008, namun beberapa hari kemudian harus dihentikan karena gangguan kerusakan alatnya, kerusakan tersebut menghubungkan dua magnet yang men-triger mesin dihentikan, ini akan menunda operasinya selama dua bulan. Karena dihentikan dalam musim dingin, maka collider tersebut tidak akan dioperasikan lagi sampai musim semi 2009.

Walaupun media sudah tertarik, demikian juga dalam pengadilan yang berkaitan dengan tingkat keamanan collider pada LHC, konsensus dalam komunitas iptek adalah tumbukan LHC tidak dapat dibayangkan.

Laporan perkembangan LHC

Geneva, 10 September 2008. jam 10:28 pagi hari, beam pertama pada LHC di CERN berhasil dikendalikan untuk mengelilingi jarak sepanjang 27 Km secara penuh pada akselerator terbesar di dunia. Kejadian sejarah ini telah mencatat kejadian penting dalam transisi persiapan penemuan scientific selama dari lebih dua decade ke suatu era baru.

Pemimpin projek Lyn Evans mengatakan: “itu adalah suatu momen yang fantastis. Mulai sekarang, kita dapat menantikan suatu era baru tentang pemahaman sumber asal dan evolusi alam semesta.”

Menyalakan suatu partikel akselerator jauh lebih dari pada hanya menekan suatu tombol. Ribuan elemen individu harus berkerja sama secara harmonis, waktunya juga harus disinkronisasikan dalam 1/1 milyar detik, dan beam yang harus dibawa ke kepala collision kehalusannya lebih kecil dari rambut manusia.

Begitu colliding beams telah stabil, akan ada suatu periode pengukuran dan kaliberasi untuk 4 experimen utama, dan hasil barunya dapat muncul sekitar setahun. Percobaan LHC memungkinkan ahli fisika untuk melengkapi perjalanannya yang dimulai dengan penjelasan Newton tentang gravitasi. Pengaruh gravitasi terhadap massa, namun sejauh ini iptek belum bisa menjelaskan mekanisme yang menimbulkan massa. Percobaan LHC akan memberi jawaban. Percobaan LHC juga akan mencoba menyelidiki misteri materi hitam dalam alam semesta— materi yang bisa dilihat oleh manusia hanya 5% dari apa yang ada, dan sekitar ¼ dipercaya adalah materi hitam. Akan ada penyelidikan tentang alasan mengapa alam lebih condong untuk materi daripada antimateri, dan akan ada penyelidikan materi karena ia suda ada pada permulaan dari waktu.

Geneva, 11 September 2008.
Kamis malam, 11 September, beam ke-dua yang berlawanan arah dengan jarum jam, ditangkap dan disirkulasikan selama lebih dari ½ jam sebelum diekstrak dengan aman keluar dari LHC. Tahap berikut adalah mengulangi beam satu, dan akan dilakukan pada minggu tersebut.

Setelah kegagalan transformer power pada salah satu titik permukaan LHC yang mematikan compressor utama dari kriogenik untuk dua sector mesin, waktu perbaikan diperlukan untuk memperbaiki kondisi kriogenik. Transformer tersebut, beratnya 30 ton dengan daya 12 MVA telah diganti pada akhir minggu. Ketika proses tersebut berlangsung, sistem kriogenik dibuat dalam keadaan standby dengan mempertahankan kedua sector sekitar 4,5 K. pada permulaan dari minggu tersebut team kriogenik disibukkan dengan mendinginkan magnet dan mempersiapkan operasinya dengan beam, yang rencananya akan dilakukan pada 18 September lalu. Berikutnya adalah mempelajari beam no. 1, dan diikuti dengan penangkapan RF dan mensirkulasikan beam pada kedua cincin.

Geneva, 18 September 2008.
Hari pertama, untuk mendorong beam tersebut berputar ke sekeliling lingkaran pada dua arah diperoleh hasil yang luar biasa, kesuksesan tersebut dicapai sampai malam hari, dengan beberapa ratus orbit diperoleh.

Tahap berikut dari proses komisioning adalah untuk membawa system Frekwensi Radio (RF) agar beam tersebut mengikat dan tidak menyebar keluar di sekeliling lingkaran, dan akan diakselerasi sampai 7 TeV. System RF tersebut bekerja menangkap sinar tersebut, mempercepat partikel yang bergerak lambat dan memperlambat yang cepat, sehingga sinar tersebut menjadi terikat seperti benang halus yang panjangnya kira2 11 cm. tanpa itu, beam tersebut dengan cepat dapat berhambur dan tidak dapat digunakan untuk fisik.

Insiden pada sector 3-4 LHC
Berita Geneva pada 20 September, ketika melakukan komisioning pada sector 3-4 tahap akhir LHC pada arus tinggi untuk operasi pada tegangan 5 TeV, suatu insiden terjadi pada tengan hari pada Jumat 19 September yang mengakibatkan kebocoran besar gas Helium ke dalam kanal. Investigasi awal menunjukkan kemungkinan paling besar adalah salah menyambung listrik antara dua magnet, ini yang mungkin membuat lumer pada bagian arus tinggi hingga menyebabkan kerusakan mekanik. Peraturan ketat dari CERN, tidak boleh ada resiko apapun terhadap manusia.

Investigasi penuh akan dilakukan, namun sudah jelas sector tersebut akan dipanaskan untuk direparasi. Ini makan waktu paling sedikit 2 bulan.

Scheduled re-start LHC pada 2009
Geneva, 23 September 2008.
Investigasi oleh CERN tehadap kebocoran besar Helium pada sector 3-4 kanal LHC telah menunjukkan kemungkinan penyebab besarnya adalah sambungan listrik yang salah antara dua magnet akselerasi. Sebelum insiden tersebut dapat diketahui secara penuh, sector tersebut harus dipanasin hingga temperature ruangan dan magnet tersebut dibuka untuk diperiksa. Ini akan memakan waktu 3-4 minggu.

Sehingga LHC paling cepat dapat dioperasikan juga pada awal musim semi 2009.

Ditulis dalam Iptek. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: