Mau Cepat Langsing Setelah Melahirkan? Berikan ASI Eksklusif!

ImageMenurut riset terbaru para ibu baru mungkin bisa mengembalikan berat badan mereka seperti saat sebelum kehamilan melalui pemberian ASI eksklusif pada bayi mereka.

“Praktek pemberian ASI eksklusif membantu menurunkan berat badan yang naik selama masa kehamilan dan melakukannya lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak mempraktekkan pemberian ASI eksklusif,” seperti yang dikatakan Dr. Alex Kojo Anderson dari University of Georgia di Athena kepada Reuters Health.

Anderson dan tim membandingkan berat badan 24 ibu dengan usia 1942 tahun pada masa pra-kehamilan dan saat-melahirkan, dengan berat badan 12 minggu pasca-kelahiran. Tujuh belas ibu memberikan ASI eksklusif pada bayi mereka, sedangkan sembilan ibu lain memberikan susu formula atau kombinasi susu formula dan ASI pada bayi mereka.

Menurut hasil penelitian, yang diterbitkan secara online di International Breast-feeding Journal, selama 4 minggu pertama pasca-kelahiran, kelompok ibu yang memberikan kombinasi susu formula mengalami penurunan berat badan lebih banyak pada saat-melahirkan dibandingkan kelompok ibu yang memberikan ASI eksklusif. Namun demikian, setelah 8-12 minggu, kecenderungan ini menjadi terbalik.

Ketika tim Anderson membandingkan penurunan berat badan pada masa pasca-kehamilan dengan berat badan masa pra-kehamilan, kelompok ibu yang memberikan ASI eksklusifnya mengalami penurunan berat badan lebih besar pada 2, 4, 8, dan 12 minggu pasca kelahiran dibandingkan kelompok ibu yang memberikan susu formula.

Kecenderungan penurunan berat badan ini merupakan bukti yang nyata kendati kalori yang dikonsumsi lebih besar dan tingkat aktivitas para ibu yang memberikan ASI ekslusif lebih rendah, dibandingkan dengan kelompok para ibu yang memberikan susu formula, demikian peneliti menemukan.

Lebih dari itu, “secara statistik, kecenderungan prosentase penurunan berat badan lebih jelas terlihat diantara para ibu yang memberikan ASI eksklusif dibandingkan kelompok yang lain,” tambah Anderson.

“Hasil penelitian kami membuktikan lebih lanjut bahwa pemberian ASI eksklusif meningkatkan penurunan berat badan diantara para ibu dibandingkan pemberian kombinasi susu formula, bahkan pada masa awal periode postpartum (periode setelah melahirkan sampai masa nifas habis) sekalipun,” kata Anderson dan rekan. Keberanian para ibu untuk memberikan ASI eksklusif pada bayi mereka adalah satu cara untuk membantu wanita-wanita ini menghindari kelebihan berat badan atau mengalami kegemukan, simpul mereka. (reuters health/feb)

Sumber: International Breastfeeding Journal, Agustus 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: