ASI tidak cukup..

ImageMemang, salah satu alasan umum para ibu berhenti menyusui karena merasa ASInya kurang atau ASI tidak cukup.. meskipun ibu merasa ASInya kurang tetapi faktanya mereka tetap dapat mengeluarkan ASI banyak bahkan berlebih, yang penting adalah bukan berapa banyak ASI dapat dikeluarkan oleh ibu, tetapi seberapa banyak ASI yang diperoleh atau diterima bayi, karena setiap bayi mempunyai kebutuhan yang berbeda.

Ada banyak tanda-tanda yang dijadikan itu sebagai alasan bahwa ASI ibu kurang diantaranya :

bayi tidak merasa puas setelah menyusui, alias malah rewel.. ternyata ini bukan berarti ASI ibu kurang karena mungkin tehnik menyusui yang kurang tepat sehingga bayi tidak mendapatkan ASI sesuai dengan kebutuhannya.. atau bisa jadi ibu lagi stress sehingga kelancaran pengaliran ASI terhambat..

Bayi sering Kali menyusu juga bukan berarti bayi tidak mendapat cukup ASI, bisa saja karena hal tadi di atas, atau bisa jadi karena dalam fase percepatan pertumbuhan sehingga dia perlu ASI yang banyak.. makanya, lebih banyak minum.

Bayi menolak untuk disusui, ini juga bukan berarti ASI ibu kurang lho.. tetapi bisa saja karena ada perubahan yang membuat bayi tidka nyaman, bisa jadi parpum ibu, atau sabun mandi yang berbeda, bisa juga karena mens yang menjadikan peningkatan hormon pada ibu, bisa jadi karena posisi dan pelekatan yang kurang tepat….

Dan ternyata, HANYA ADA DUA TANDA yang menunjukan bayi kurang mendapat cukup ASI yaitu:

1. Air seni bayi berwarna kuning pekat, berbau tajam dan jumlahnya sedikit.. bayi buang air kecil kurang dari 6 kali sehari..

ini menunjukan bahwa bayi kekurangan cairan… sehingga menunjukan bahwa bayi kurang mendapat cukup ASI….

2. Perkembangan berat badan bayi, kurang dari 500gr perbulan… dan ini menunjukan bahwa bayi kurang mendapat asupan yang baik selama 1 bulan terahir.. dan apabila diberikan ASI secara eksklusif (0-6 bulan) dapat mencukupi semua kebutuhan bayi.

Jadi para dasarnya, kembali bahwa kesuksesan pemberian ASI terletak kepada rasa percaya diri ibu, rasa percaya diri ibu hanya akan dapat tumbuh apabila ditopang dengan informasi yang baik tentang ASI. kurangnya informasi membuat ibu menjadi tidak percaya diri.

Oleh sebab itu, sentra laktasi indonesia (selasi) berharap dapat berbagi informasi sebanyak-banyaknya tentang ASI, sehingga dapat menjadi rujukan laktasi di indonesia.

Klinik Laktasi, Sentra Laktasi Indonesia
021-83795168 (konsultasi ASI)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: