Peradaban Maya Sudah Mengenal “Jeans”

ImageTekstil sekelas bahan jeans mungkin sudah dikenal suku Maya, peradaban asli Benua Amerika, sejak abad ke-5. Sobekan kain yang ditemukan dari dalam makam suku Maya kuno di Kota Copan, Honduras buktinya.

Dari segi bentuk maupun kualitas, kain yang dipakai seorang ratu suku Maya tersebut tak kalah dengan kain dewasa ini. Beberapa potong kain mengandung 80 benang tenun dalam setiap inci.

“Ini ukuran bahan yang kita pakai,” ujar Margaret Ordonez, pakar tekstil dari Universitas Rhode Island, yang mempelajari kain tersebut. Bahkan, beberapa potong lainnya mengandung 25 lapisan kain tipis yang saling tersusun dan disatukan sehingga sangat kuat.

Kain tersebut terbuat dari bermacam-macam material dari katun, rumput-rumputan, daun, dan kulit kayu. Beberapa di antaranya mengandung coretan berwarna merah yang mungkin dari cinnabar dan hitam dari bijih besi.

Para peneliti belum mengetahui apakah suku Maya menggunakan kain tersebut untuk dikenakan. Namun, Ordonez memprediksi mereka menggunakannya sebagai alat bantu tenun. salah satu ujungnya dikaitkan ke pohon dan bagian lainnya ke alat tenun yang digerakkan maju mundur.

“Sampel yang ditemukan mungkin terlalu sedikit untuk mengungkap simbol di baliknya, namun temuan Ornonez menguak hal baru mengenai penguburan, teknologi tenun, dan produktivitas perempuan masa lalu,” ujar Allan Maca, arkeolog dari Universitas Colgate, New York. Kemajuan peradaban maya dalam pembuatan tekstil memang tidak mengejutkan jika dilihat dari lukisan-lukisan yang ditinggalkannya.

Ditulis dalam 84075. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Peradaban Maya Sudah Mengenal “Jeans””

  1. infogue Says:

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://www.infogue.com
    http://arkeologi.infogue.com/peradaban_maya_sudah_mengenal_jeans


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: